14
Apr

3 Manfaat Tanaman Senggugu, sudah tahukah ?

Senggugu adalah tanaman liar yang mudah kita jumpai di sekitar kita. Tanaman ini biasanya tumbuh di tempat terbuka seperti di hutan, padang ilalang, tepi jalan dan lain-lain, dan memiliki bunga berwarna ungu dan putih serta daun yang lancip, dengan tepian yang tidak rata atau bergerigi.

Tanaman dengan nama Latin Clerodendron Serratum L. Spr ini Tanaman senggugu ini menurut sejarah berasal dari daerah Asia Tropik. Tak hanya mudah ditemukan, tanaman ini ternyata tanaman yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional dan memiliki banyak aktivitas farmakologi seperti antiinflamasi, antioksidan, hepatoprotektif, antifertilitas, dan antikanker.

Di india yang terkenal dengan pengobatan Ayurveda (Pengobatan kedokteran yang berkembang di India sejak zaman India kuno), Senggugu disebut bharangi yang dikenal efektif mencairkan lendir, sangat bermanfaat untuk mengobati masalah pernapasan seperti pilek, bronkhitis, asma bronchial, dan tuberkulosis.  Dalam banyak penelitian, kulit akar mengandung glikosida fenol, manitol, dan sitosterol, seduhan kulit akar senggugu inilah yang dapat dapat digunakan untuk asma, bronkhitis, peluruh air seni, obat batuk, dan untuk memperoleh suara jernih.  Tak hanya akarnya saja kulit batang senggugu juga mengandung senyawa triterpenoid, asam oleanolat, asam queretaroat, dan asam serratogenat.

Batang nya mengandung D-mannitol, D-glukosida sitosterol, sitosterol, dan setil alkohol. Ekstrak alkohol dan saponin yang diisolasi dari kulit akar menyebabkan pelepasan histamin dari jaringan paru. Daun banyak mengandung kalium, sedikit natrium, alkaloid, dan flavonoid. Daun yang dioleskan secara eksternal, mengurangi pembengkakan kelenjar dan mempercepat penyembuhan luka.