26
Feb

Nyeri Perut Kanan Bawah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tak selamanya rasa nueri di bagian perut disebabkan karena hal-hal sepele seperti salah mengonsumsi makanan dan lain sebagainya. Terlebih jika Anda mengalami nyeri perut kanan bawah. Hal tersebut bisa merupakan pertanda adanya penyakit lain yang membutuhkan pennaganan khusus.

Gas

Gas yang dihasilkan di dalam tubuh merupakan hasil dari seluruh udara yang ditemukan pada pada organ pencernaan. Hal ini terjadi akibat  makanan yang tidak dicerna dengan baik hingga mencapai usus besar. Jika gas menumpuk, maka akan menyebabkan sakit perut, kembung atau rasa nyeri dalam perut. Jika hal ini yang Anda rasakan, maka gangguan akan hilang dalam sehari.

Infeksi Usus Buntu

Lokasi rasa nyeri yang terdapat pada sisi bawah kanan perut bertepatan dengan terletaknya organ usus buntu. Sehingga penyebab umum terjadinya rasa nyeri tersebut dikarenakan terdapat radang pada organ peregangan usus besar ini.  Biasanya rasa nyeri akan dimulai dari area sekitar pusar (umbilikus) dan menjalar hingga ke sisi kanan perut tempat usus buntu berada.

Radang yang terjadi ini disebabkan oleh infeksi pada saluran usus buntu didalamnya. Sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri menetap pada bagian tersebut dan akan bertambah parah ketika Anda bergerak. Selain rasa nyeri padabagian perut, gejala dari penyakit ini biasa dibarengi dengan hilangnya nafsu maka, mual muntah hingga demam

Batu Ginjal

Penyebab nyeri perut kanan bawah yang kedua adalah terdapatnya batu ginjal di area kandung kemih. Rasa nyeri yang diakibatkan oleh adanya batu ginjal ini memiliki intensitas rasa sakit yang berbeda pada setiap orang, tergantung pada besar batu ginjal yang dimilikinya. Biasanya rasa sakit ini muncul secara mendadak dan akan menjalar hingga ke pangkal paha.

Batu Empedu

Sebenarnya batu empedu tidak menimbulkan rasa sakit apabila ia tidak mengganggu sistem kerja hati. Akan tetapi hal tersebut akan berbeda ketika batu tersebut menyumbat saluran empedu sehingga menimbulkan radang. Rasa nyeri ini bisa timbul secara mendadak dan bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Sakit yang dirasakan akan mengalami perubahan intensitas rasa sakit naik turun seperti gelombang. Biasanya akan timbul pada sisi kanan tubuh dan mennjalar hingga ke tulang belikat  kanan. Di samping rasa nyeri tak tertahankan, Anda pun bisa mengalami mual dan muntah

Sembelit

Sembelit tidak hanya diartikan ketika feses mengeras dan susah keluar, akan tetapi juga diartikan ketika seseorang jarang buang air besar. Jika Anda mengalami hal tersebut, bisa jadi rasa nyeri yang Anda rasakan disebabkan oleh sembelit.

Cara Mengatasi

Apabila Anda mengalami rasa nyeri yang tidak tertahankan, segera kompres dengan air hangat untuk sedikit meredakan rasa sakit tersebut. Hindari melakukan gerakan berlebih atau secara tiba-tiba karena hal itu bisa membuat otot perut semakin tegang. Di samping itu juga Anda bisa mengonsumsi paracetamol untuk mengurangi rasa sakit.

Namun hal tersebut tidak berlaku apabila tubuh Anda mengalami gangguan pencernaan atau sembeli. Karena hal ini bisa diatasi dengan cara perbanyak minum air putih serta mengonsumsi makanan tinggi serat

Jika nyeri perut kanan bawah yang Anda derita tidak kunjung hilang atau hilang timbul, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Untuk memperdalam ilmu tentang kesehatan Anda sehari-hari, sebaiknya Anda sering membaca artikel dengan mengunjungi orami.co.id sebagai salah satu website penyedia informasi tersebut.