13
Jan

Memilih Antivirus Komputer

Saat baru instal sistem operasi, tentu komputer laptop Anda masih bersih dari virus. Untuk merawat agar kedepan selamanya bersih dibutuhkan software aplikasi antivirus. Pada Windows 8 dan 10 telah tersedia antivirus bawaan, namanya Windows Defender. Yang menjadi pertanyaan sesudah itu adalah perlukah kami instal antivirus tambahan dari pihak ketiga? Sebenarnya tidak cuma Windows 8 dan 10 saja, terhadap Windows 7 pun Microsoft telah sedia kan antivirus khusus, namanya MSE alias Microsoft Security Essentials. Tampilannya hampir mirip bersama Windows Defender. Yang membedakan, tak sekedar nama, MSE perlu diinstal manual, tidak otomatis bawaan sistem operasi.

Kembali ke pertanyaan awal, perlukah Windows 10 instal antivirus tambahan dari pihak ketiga agar lebih safe atau memadai menggunakan Windows Defender saja? Atas pertanyaan ini, beberapa orang menjawab perlu. Namun, masih lebih banyak yang bilang tidak perlu. Pendapat-pendapat tersebut didasari alasan sebagai berikut. Jika komputer desktop atau laptop dipakai secara ekstrem. Maksudnya bukan digunakan nonstop siang malam, melainkan browsing ke situs-situs terlarang (situs situs dewasa, deepweb, dll.), download file dan instal aplikasi tidak cukup jelas (dari situs tidak terpercaya, b*jakan, cr*ck, atau sejenisnya yang kebanyakan ilegal).

Selain itu, seumpama komputer laptop dipakai membuat login account mutlak dan menyimpan data-data rahasia. Alasannya demi keamanan. Menurut pendapat mereka, Windows Defender sebetulnya memadai bagus, namun information mereka lebih mutlak dari sekadar membeli antivirus mahal atau sebabkan komputer menjadi sedikit lebih lemot.

Memang benar. Jika komputer terpasang antivirus lebih dari satu bakal membuatnya sedikit lebih berat. Hal ini gara-gara dua software tersebut bentrok waktu sama-sama aktif. Apalagi waktu tengah mengeksekusi scaning file. Diperlukan antivirus tambahan yang bagus (mungkin berbayar) dan spesifikasi komputer tinggi. Sebagian orang lagi, yang berjumlah lebih banyak, berpendapat tidak butuh tambahan antivirus lain tak sekedar Windows Defender. Jangan tanyakan aku mampu information dari survey di mana ya, haha. Yang jelas aku menjelaskan begitu bukan gara-gara aku berada terhadap pihak ini. Kami menjelaskan tidak perlu gara-gara beraneka macam alasan.

Pertama, Windows Defender adalah antivirus buatan Microsoft. Karena Windows 8 dan Windows 10 sama-sama dibuat olehnya, kami percaya saja Microsoft lebih jelas antivirus yang cocok dan dibutuhkan oleh komputer bersama sistem operasi itu. Kedua, menggunakan antivirus memadai satu saja tidak sebabkan komputer menjadi lemot. Alasan lemot telah dijelaskan di atas, yakni gara-gara saling bentrok terhadap waktu mengeksekusi file yang dicurigai sebagai virus.

Ketiga, lebih hemat uang. Dengan tidak menginstal antivirus tambahan, kami tidak perlu belanja antivirus lain yang kebanyakan bernilai mahal. Memang tersedia yang free alias gratis. Namun kebanyakan fitur tidak lengkap. Selain itu, juga tidak perlu update antivirus lebih banyak. Seperti kami ketahui update software aplikasi perlu kuota information internet. Alasan terakhir mengapa aku berpendapat Windows 10 tidak perlu antivirus tambahan dari pihak ketiga adalah gara-gara aku kenakan komputer normal-normal saja. Saya jarang download konten ilegal, browsing ke situs-situs terlarang, instal aplikasi tidak jelas, dan sebagainya. Jadi aku mulai Windows Defender telah lebih dari memadai asalkan pemakaiannya terus di-update rutin secara berkala. Bagi sebagian orang yang tertarik di dunia IT mengetahui berita teranyar berkenaan computer dan teknologi adalah sebuah kebutuhan. Namun apa jadinya terkecuali mereka wajib mengeluarkan banyak uang cuma untuk membeli buku atau referensi. Banyak langkah ringan untuk dapat jadi individu yang up to date berkenaan computer dan teknologi. Bagaimana?

Sering membaca artikel computer secara online. Membaca artikel computer online, yang ditulis oleh orang-orang yang benar-benar kompeten di dunia IT akan membawa dampak Anda tetap tertarik untuk membaca hal baru yang mereka temukan. Ini adalah langkah yang paling bisa saja Anda laksanakan untuk tetap Up To Date berkenaan Komputer dan Teknologi.