3
Aug

Potensi Kebocoran Data yang Membahayakan

Bagi setiap orang, menjaga data pribadi merupakan hal yang wajib dilakukan. Karena, ketika data pribadi seseorang bocor, maka hal tersebut bisa menjadi bahaya yang merusak kenyamanan hidup. Di zaman yang modern seperti sekarang ini, potensi kebocoran data menjadi lebih memungkinkan karena adanya internet yang memudahkan setiap orang dalam mencari data.

Asal muasal potensi kebocoran data

Kebocoran data pribadi dari internet dapat berasal dari manapun. Mulai dari sosial media sampai ketika Anda mengisi data pribadi Anda untuk berbagai keperluan mulai dari melamar pekerjaan sampai meminjam uang secara online. Pada saat meminjam uang secara online misalnya, potensi kebocoran data sangat memungkinkan karena Anda diharuskan untuk mengisi data diri Anda selengkap mungkin saat mengajukan pinjaman. Maka dari itu, pilihlah platform pinjaman uang online terpercaya seperti Momaju yang telah terbukti keamanannya.

Bisa menjadi korban penyalahgunaan identitas

Jika data diri Anda bocor, apa dampak buruk yang akan Anda rasakan? Ada beragam dampak buruk, namun yang paling mudah terjadi adalah penyalagunaan identitas dari data yang bocor. Bisa saja identitas Anda yang telah dibocorkan digunakan untuk beragam aktivitas ilegal yang menyalahi hukum. Hal ini tentu berbahaya karena Anda bisa dihukum pidana meski tidak melakukan kegiatan yang menyalahi aturan apapun.

Identitas yang diperjualbelikan

Tak hanya menjadi korban penyalahgunaan identitas, data-data pribadi yang dibocorkan juga bisa diperjualbelikan dan menghasilkan keuntungan. Sadar atau tidak, identitas bisa menjadi komoditi karena banyak kalangan yang membutuhkan identitas seseorang untuk keperluan pribadi. Seperti telemarketing hingga kasus penipuan yang biasanya disasar secara terarah jika sudah memiliki data diri pribadi seseorang. Hal ini tentu menyalahi aturan dan membahayakan Anda. Jadi, berhati-hatilah dalam menyerahkan identitas di Internet dan jangan sampai data diri Anda disalahgunakan karena kebocoran data.

Menjaga data diri agar tidak bocor memang bukanlah hal yang mudah. Namun, Anda bisa memulainya dengan cara mencari tahu dan teliti sebelum mengisi data pribadi di Internet. Sehingga, data diri Anda akan aman dan Anda tidak perlu khawatir dengan bahaya penyalagunaan data yang bisa saja hadir sewaktu-waktu.