16
Jun

Sejarah Teknik Batik Pria

Pembuatan batik baik batik pria maupun batik wanita akan sama-sama menggunakan malam. Seni pewarnaan kain menggunakan malam sendiri termasuk dalam bentuk seni kuno. Teknik ini sudah ditemukan di Mesir pada abad keempat SM. Kala itu, teknik malam digunakan untuk kain pembungkus mumi agar terbentuk pola yang indah. Di Asia, teknik ini juga sudah digunakan pada masa dinasi TÂ’ang di Tiongkok, sekitar tahun 618 sampai 907. Teknik serupa turut digunakan di India serta Jepang pada masa Periode Nara sekitar tahun 645 hingga 794. Bahkan, teknik ini juga sudah digunakan di Afrika oleh Suku Yoruba yang berdiam di Nigeria serta Suku Wolof dan Suku Soninke di negara Senegal.

Di Indonesia sendiri, batik pria serta kain batik secara keseluruhan sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Batik menjadi begitu populer di akhir abad ke-18 serta awal abad ke-19. Semua batik yang dibuat pada zaman itu adalah batik tulis. Baru pada awal abad ke-20, batik cap mulai dikenal. Popularitas batik cap terutama adalah setelah Perang Dunia I yang kira-kira terjadi pada tahun 1920an. Walau kata batik berasal dari Bahasa Jawa, namun kehadiran batik di Jawa tidak tercatat. Teknik batik kemungkinan diperkenalkan oleh orang-orang India serta Sri Langka di abad keenam dan ketujuh.

Arkeolog Belanda J.L.A Brandes dan sejarawan Indonesia F.A. Sutjipto sama-sama mempercayai bahwa tradisi batik merupakan tradisi asli dari daerah Flores, Toraja, Halmahera serta Papua. Perlu dicatat bahwa beberapa wilayah tersebut bukan termasuk wilayah yang dipengaruhi agama Hinduisme namun memiliki tradisi kuno dalam membuat batik. Beragamnya sejarah seputar awal dikenalnya batik ini semakin membuatnya menarik dan kaya akan nilai. Batik pria maupun wanita kini sudah menjadi pakaian yang dapat dengan mudah ditemukan di mana pun kita berada. Harganya juga beragam tergantung dari teknik pembuatan, ukuran, merk hingga modelnya. Kita bisa mendapat batik mulai harga puluhan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Demikian semoga informasi di atas dapat bermanfaat.