9
Feb

Baju Batik dengan Motif Terfavorit

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan beragam macam hal. Salah satunya adalah budayanya. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia terdiri dari beragam daerah-daerah dengan memiliki budayanya masing-masing. Seperti contohnya Jawa, yang mana memiliki budaya yang sangat kental. Nah, jika membicarakan masalah Jawa, tidak bisa kita lepaskan dari yang namanya batik. Batik memang cenderung dikaitkan dengan Jawa. Memang benar, pada zaman dahulunya batik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari apa yang dikenakan oleh masyarakat Jawa. Istilah batik pun sudah cenderung melekat pada Jawa. Namun, perlu kita ketahui bahwa tidak hanya Jawa yang memiliki beragam macam motif batik, melainkan juga daerah lainnya. Artikel kali ini akan membahas seputar tren baju batik.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa baju batik identik dengan Jawa. Namun, kini masyarakat di luar Jawa pun sudah memperkenalkan motif-motif batik yang mereka miliki. Dan itu menunjukkan bahwa Indonesia memang patut dikatakan sebagai negara dengan memiliki warisan budaya yang sangat kaya. Sebagai masyarakat kita sudah sepatutnya bangga dengan apa yang kita miliki sebagai bangsa Indonesia, yaitu lewat batik. Batik kini sudah dikenal oleh masyarakat mancanegara. Sebagai generasi muda, kita tidak hanya cukup sekedar bangga saja, melainkan juga berjuang untuk tetap bisa melestarikannya. Salah satu caranya adalah dengan bangga mengenakan batik. Oleh karena itu, dapat kita lihat kini sekolah-sekolah yang ada pun meminta siswanya untuk mengenakan batik untuk hari khusus.

Banyaknya motif batik yang ada memang sulit bagi kita sebagai orang awam untuk membedakan motif batik dan juga mengerti filosofi dari masing-masing motif batik yang ada. Seperti misalnya motif batik Yogyakarta yaitu motif batik parangrusak memiliki artinya sendiri. Penting untuk diingat bahwa kita jangan sampai salah mengenakan motif batik. Berikut ini beberapa pilihan motif baju batik yang terfavorit antara lain yaitu sidomukti Magetan, Sekar Jagad Yogyakarta, batik Kraton Yogyakarta, batik Jepara, batik Lasem, Pekalongan, Madura, Kalimantan, Bali, dan masih banyak lagi lainnya. Jika menghendaki warna batik yang berwarna-warni, batik Madura dan Pekalongan memang dikenal dengan motif batik yang berwarna-warni.